Contoh Rundown Susunan Acara Peusijuk Tepung Tawar Pelepasan Jamaah Haji

Rundown acara pelepasan jamaah haji
Informaci - Berhubung ini sedang musim haji, kami ingin membagikan rundown susunan acara peusijuk atau lebih dikenal tepung tawar dan/atau pelepasan Jamaah Haji.
Susunan acara ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan di tempat bapak ibu masing-masing sesuai kearifan lokal.

Berikut adalah susunan acara pelepasan jamaah haji yang biasa dilaksanakan di Aceh dan sekitarnya...
  1. Pembukaan oleh MC
  2. Pembacaan ayat suci al quran dilanjutkan dengan pembacaan talbiyah
  3. Sambutan mewakili warga / sambutan mewakili jamaah
  4. Sambutan mewakili jamaah haji
  5. Peusijuk / tepung tawar
  6. Ceramah sekaligus ditutup dengan doa
Sedikit penjelasan tentang rundown acara diatas. Untuk pembukaan sama seperti acara-acara lain. Kemudian untuk pembayaan ayat suci al qur'at nanti langsung dilanjutkan dengan pembacaan talbiyah oleh Qari dan diikuti oleh para jamaah.
teks talbiyah
Teks Talbiyah yang dibaca Qari
Acara berikutnya adalah sambutan mewakili Warga atau Jamaah Masjid (tergantung pelepasan dilakukan pada tingkat Desa atau mungkin institusi). Dalam sambutan ini biasanya perwakilan warga atau jamaah akan menyampaikan kepada calon jamaah haji untuk mendoakan mereka ketika sudah berada di tanah suci dan hal-hal yang dikira penting untuk dipesankan kepada calon haji.

Untuk sambutan mewakili jamaah haji, biasanya akan disampaikan oleh salah satu calon haji (jika yang berangkat lebih dari satu orang). Sambutan biasanya akan diisi dengan pesan kepada jamaah atau warga untuk membantu menjaga atau nengokin keluarga yang ditinggal selama beliau di tanah suci. Sekaligus, biasanya calon haji juga minta di doakan agar selamat selama proses haji berlangsung dan bisa pulang ke tanah air dalam keadaan selamat juga.

Kemudian dilanjutnkan dengan Tepung Tawar atau Peusijuk. Biasanya acara ini dipisah antara laki-laki dan perempuan. Calon haji laki-laki ditepung tawari oleh jamaah laki-laki dan perempuan oleh jamaah perempuan. 

Kemudian dilanjutkan dengan ceramah dan ditutup dengan doa. Usahakan untuk mencari penceramah yang sudah pernah menunaikan ibadah haji agar nasehat-nasehat yang disampaikan sifatnya lebih implementatif dan sedikit tidaknya bisa memberi gambaran kepada jamaah.